Kontes Bonsai Peringatan Bulan Bung Karno Dibuka Langsung oleh Wali Kota Blitar

Wali Kota Blitar Santoso buka pameran dan kontes bonsai dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno dan Hari Koperasi ke 75

 

Kota Blitar, Kupasonline (Jatim) – Pameran dan kontes bonsai nasional dalam rangka rencana bulan Bung Karno dan hari Koperasi Nasional ke 75, dibuka secara langsung oleh Wali Kota Blitar Santoso, pada Selasa (19/07/22) siang, di halaman parkir PIPP jalan Soekarno Hatta Kota Blitar.

Pameran dan kontes kali ini dengan mengambil tema “Kridho Hangudi Mulya”, kegiatan ini dimulai sejak tanggal15 hingga 24 Juli mendatang. Acara ini diselenggarakan oleh Pecinta Penghobi Bonsai Indonesia (PPBI). Acara ini dibuka oleh Walikota Blitar Santoso dan kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, Sekda Kota Blitar dan Mantan Bupati Blitar Herry Noegroho yang juga selaku dewan pembina PPBI Blitar Raya.

“Merawat tanaman bonsai yang dibutuhkan sentuhan yang memiliki nilai seni yang tinggi, selain itu merawat bonsai hingga membentuk sebuah keindahan juga memerlukan kesabaran dan ketelatenan, rata-rata pengobi bonsai adalah orang yang sabar dan telaten,” jelas Wali Kota.

Kontes bonsai secara nasional yang diikuti kontestan 500 lebih tanaman ini berasal dari penghobi bonsai se-Jawa Timur. Bonsai menjadi tren yang luar biasa saat masa pandemi Covid 19, merawat bonsai selain sebagai hobi juga bentuk saat sibuk saat melakukan Pembatasan Berskala Besar (PSBB).

“Ajang kontes ini juga sebagai wadah bagi pegiat tanaman yang di kerdilkan atau tanaman berbentuk unik dan menarik ini,” ucap Santoso.

Masih ujar orang nomor satu di Pemkot Blitar, bonsai Blitar Raya sebenarnya sudah berhasil menembus pasar dunia, bahkan pohon bonsai Blitar harus diperhitungkan terutama oleh negeri matahari terbit yakni Negara Jepang.

“Oleh karenanya agar tetap menjaga kualitas bonsai Blitar saya berpesan agar paguyuban ini selain event, PPBI juga memberikan edukasi berupa kepada masyarakat tentang tehnik, mencetak dan merawat tanaman bonsai agar memiliki sebuah karya seni dan hasilnya dijual dengan harga tinggi,” pungkas orang nomor satu di Pemkot Blitar.

Sebelum melakukan pemotongan pita, pada siang hari Walikota Blitar Santoso memberikan cindera mata berupa replika patung Bung Karno dan dari pihak panitia penyelenggara Wali Kota menerima kenang-kenangan satu pohon bonsai. Pihaknya juga meninjau stand pameran dan kontes dipan kantor PIPP Kota Blitar. Selain itu Wali Kota Blitar Santoso juga menyematkan pin tanda bonsai favorit pilihannya. (Adv/Kmf)

 

        Pewarta-San

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *