Sepanjang Jalan Desa Karangsono Jadi Lautan Manusia, Dalam Pawai Miniatur Galang Dana Parkir TPU

Sepanjang Jalan Desa Karangsono Jadi Lautan Manusia, Dalam Pawai Miniatur Galang Dana Parkir TPU
Sepanjang Jalan Desa Karangsono Jadi Lautan Manusia, Dalam Pawai Miniatur Galang Dana Parkir TPU

KUPASONLINE.COM – Suasana malam Minggu yang tak biasa di Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, dengan banyaknya masyarakat yang tumpah ruah padati sepanjang jalan desa tersebut.

Hal tersebut terjadi, karena adanya pawai miniatur yang digelar oleh Pemerintah Desa Karangsono melalui Karang Taruna, dengan di hadiri ratusan peserta dari Blitar dan luar Kota Blitar, Sabtu (20/05/2023) malam.

Bacaan Lainnya

Masyarakat dibuat kagum dengan berbagai suguhan aneka model Miniatur yang ikut berpartisipasi dalam acara malam itu.

Dentuman musik nan meriah sudah terdengar ketika memasuki kawasan Desa Karangsono.

Ribuan masyarakat penuh sesak ingin menyaksikan deretan miniatur yang terlihat berbaris di sepanjang jalan Desa Karangsono.

Suksesnya acara tersebut juga tak lepas dari peran Kepala Desa (Kades) Karangsono, Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono dengan bekerjasama dengan Karangtaruna dan masyarakat setempat yang begitu solid bergotong royong dalam acara penggalangan dana untuk lahan parkir makam Desa Karangsono.

Terkait hal tersebut Kades Karangsono Tugas Nanggolo Dili Prasetyono atau akrab disapa Bagas ini mengatakan, acara ini diadakan dalam rangka penggalangan dana pembangunan fasilitas parkiran Tempat Pemakaman Umum (TPU), oleh Paguyuban Peduli Makam Desa Karangsono.

“Karang Taruna Desa Karangsono bekerjasama dengan Pemerintah Desa, dan di dukung seluruh RT RW serta tokoh-tokoh masyarakat Desa Karangsono menggelar Pawai Miniatur,”  ujarnya.

Acara ini tak hanya diikuti masyarakat Desa Karangsono. Bagas menyebut, peserta yang turut meramaikan acara ini berasal dari seluruh komunitas pecinta miniatur se-Blitar Raya dan mungkin ada juga tadi dari luar kota.

Lanjut Bagas, sebelumnya masyarakat Desa Karangsono telah berswadaya membeli sebidang tanah di sekitar TPU, guna menjadikannya lahan parkiran.

Dana yang terkumpul dalam acara ini, nantinya akan digunakan sepenuhnya untuk membangun fasilitas parkiran di lahan tersebut.

“Jadi uang yang didapat murni untuk pembangunan fasilitas lahan parkir, tidak ada sepeserpun panitia mengambil keuntungan,” tegas Bagas.

Pria yang juga Ketua umum Ormas Rakyat Djelata (RaDja) ini pun berharap, dana yang terkumpul cukup untuk membangun fasilitas parkiran TPU Desa Karangsono, dan bermanfaat untuk dunia maupun akhirat.

Kades Nyentrik ini juga menegaskan, kegiatan semacam ini juga diharapkan menjadi stimulan untuk menambah keakraban, baik dari para penggemar Miniatur maupun bagi masyarakat desa kami.

“Namun sebelumnya kami atas nama Pemerintah Desa Karangsono, menghaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut mendukung suksesnya acara ini.

Baik tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Karangtaruna juga para peserta Pawai Miniatur, serta masyarakat dan penonton semuanya yang telah rela meluangkan waktunya menyaksikan pawai ini sehingga Karangsono seakan menjadi lautan manusi malam ini,” ucap Bagas.

Dibalik kemeriahan ini, juga ada hikmah yang bisa diambil yakni terjalinnya kekompakan, kegotong-royongan khususnya bagi masyarakat Desa Karangsono.

“Namun yang paling penting, dengan terselenggaranya acara Pawai Miniatur malam hari ini, fasilitas TPU makam Desa Karangsono bisa segera terselesaikan,” pungkas Bagas. (San)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *