Keren, Peringati Hari Lahir Pancasila Dewan Seni dan Budaya Kab Blitar Akan Gelar Brokohan Pancasila

KUPASONLINE.COM – Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar akan menggelar Kirab dan Brokohan Pancasila dalam memperingati Lahirnya Pancasila, pada 1 Juni 2023.

Dua sesi acara sudah disiapkan dalam perayaan memperingati Lahirnya lambang negara Indonesia tersebut, yakni siang harinya akan ada Kirab, kemudian ditutup dengan Brokohan pada malam harinya.

Bacaan Lainnya

Acara yang diagendakan akan dimulai pukul 13.00 WIB itu, akan diawali Pawai Kendaraan Jeep nyentrik, motor lama dan motor antik tersebut akan membawa simbol Burung Garuda Pancasila, foto Bung Karno, dan Panji-Panji Kabupaten, dari Perpustakaan Bung Karno menuju ke Kampung Pancasila Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro.

Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono Ketua Panitia Kirab dan Brokohan Pancasila Dewan Seni dan Budaya Kabupaten Blitar mengatakan, acara ini disinergikan dengan acara Grebek Pancasila di Kota Blitar.

“Nanti kirab akan dibuka dan diserahkan oleh Kepala Perpustakaan Bung Karno, lalu akan diarak dengan iring-iringan Kendaraan menuju Kampung Pancasila.

Sesampainya di sana, akan diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Blitar,” ungkap Tugas Nanggolo Rabu 31  Mei 2023.

Lanjut Bagas sapaan akrab Tugas Nanggolo Dili Prasetyono mengatakan, Kirab selanjutnya akan dilanjutkan dengan jalan kaki oleh seluruh kades/kalur dan perwakilan masyarakat dari seluruh kelurahan dan desa se-Kecamatan Kanigoro dari Kampung Pancasila, sampai ke Pendopo Sasana Adhi Praja (SAP) Kanigoro atau halaman Kantor Bupati Blitar.

“Ketua DPRD setelah itu akan langsung, menyerahkan simbol Burung Garuda dan panji-panji tersebut kepada team Kirab yang akan berjalan kaki dari Kampung Pancasila ke Pendopo.

Di sana nanti insyaallah akan diterima oleh Bupati Blitar, jika nanti beliau berkenan hadir atas undangan kami di acara ini,” papar Bagas.

Dan sekitar pukul 19.30 WIB, akan dilanjutkan dengan acara utama yakni Brokohan (Selamatan) yang di gelar di Pendopo Sasana Adhi Praja, akan dilakukan Brokohan (Selamatan).

Dalam gelaran Brokohan Pancasila tersebut disediakan 78 yang mengandung arti dari usia Pancasila, yaitu usia ke-78 tahun pada 1 Juni 2023 nanti.

Dan juga 2023 takir, sebagai wujud syukur warga kelurahan Kanigoro dan mengandung arti umur tahun Masehi tahun ini,” ungkap Bagas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *