Serahkan SK Perhutanan Sosial, Bupati Blitar : Peran Masyarakat Sangat Diperlukan Untuk Menjaga Kelestarian Alam

Bupati Blitar Rini Syarifah serahkan SK Perhutanan Sosial kepada 290 masyarakat Ngadirenggo

KUPASONLINE.COM – Secara simbolis Bupati Blitar Rini Syarifah menyerahkan SK Perhutanan Sosial kepada warga Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi yang akan mengelola perhutanan sosial, Senin (20/11/2023).

Disamping penyerahan SK Perhutanan Sosial, Bupati Rini Syarifah juga membuka Sosialisasi Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Melalui Implementasi Hutan Desa.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar menyampaikan, penyerahan SK Perhutanan Sosial pada hari ini menandai langkah besar dalam mengukuhkan komitmen kita untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Yang di mana peran masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian alam dan menciptakan kesejahteraan bersama.

“Saya berharap kepada masyarakat yang menerima SK Perhutanan Sosial supaya bisa memaksimalkan dan mengelolanya dengan baik, untuk menjaga keberlanjutan hutan dan kesejahteraan masyarakat,” harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Blitar mengatakan, melalui SK Perhutanan Sosial ini, kita memberikan pengakuan dan tanggung jawab kepada masyarakat yang telah terlibat aktif dalam pengelolaan hutan.

Menurutnya, ini bukan hanya sebuah legalitas semata, tetapi juga simbol kepercayaan bahwa masyarakat mampu menjadi agen perubahan positif dalam menjaga hutan dan lingkungan sekitar.

“Rancangan perhutanan sosial ini merupakan hasil dari sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak-pihak terkait.

Oleh karena itu, hari ini adalah bukti bahwa kolaborasi dan keterlibatan aktif semua pihak membuahkan hasil yang nyata,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, seiring dengan pemberian SK Perhutanan Sosial, terdapat tanggung jawab besar yang harus diemban oleh masyarakat yang diberi kepercayaan ini.

“Pengelolaan hutan yang berkelanjutan memerlukan kedisiplinan, kearifan lokal, dan kesadaran akan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem.

Dengan semangat gotong royong dan kesadaran bersama, saya yakin, kita dapat menjalankan tugas ini dengan baik,” pungkasnya. (Adv/Kmf/San)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *