Hadiri Kontes Kambing Etawa, Nurhadi Berharap Kontes Bisa Menjadi Agenda Tahunan

×

Hadiri Kontes Kambing Etawa, Nurhadi Berharap Kontes Bisa Menjadi Agenda Tahunan

Bagikan berita
Foto Hadiri Kontes Kambing Etawa, Nurhadi Berharap Kontes Bisa Menjadi Agenda Tahunan
Foto Hadiri Kontes Kambing Etawa, Nurhadi Berharap Kontes Bisa Menjadi Agenda Tahunan

KUPASONLINE.COM - Anggota DPR-RI Nurhadi di sela-sela jadwalnya yang padat, tetap berkenan menghadiri kontes kambing etawa tingkat nasional yang digelar di Kampung Coklat, Minggu (5/2/2023).Kepedulian Anggota DPR RI dari Partai NasDem ini begitu nampak, dengan mengapresiasi digelarnya kembali kontes kambing tingkat nasional, setelah cukup lama vakum karena pandemi kemarin.

Disela kunjungannya, kepada awak media Nurhadi mengatakan, diadakannya kontes kambing Etawa tingkat nasional di Kampung Coklat ini patut diapresiasi dan didukung, khususnya oleh dinas terkait yaitu Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, Pemkab Blitar maupun Kota Blitar."Saya dengar kontes ini juga diikuti oleh negara lain yaitu dari Malaysia. Mereka datang berarti ringgit masuk, rupiah beredar di sini. Ini bagus sekali," tutur Nurhadi.

Menurutnya, jika kegiatan level nasional diadakan di Blitar maka berarti ikut menggerakkan roda ekonomi daerah."Saya lihat kontes terakhir seperti ini pernah juga diadakan di pasar Srengat tahun 2017 silam. Jadi sudah lama sekali tidak ada. Dan sekarang diselenggarakan, luar biasa," ungkapnya.

Dirinya juga berharap, dari teman-teman panitia KLB Club bisa menjadikannya agenda tahunan di Kabupaten Blitar yang ditunggu-tunggu oleh para peternak dan pecinta kambing etawa."Kita berharap mereka berkompetisi di event ini bangga sekaligus mencari kreasi. Bisa berwisata ke sini, membeli makanan dan oleh-oleh di sini," ujar Nurhadi lagi.

Kembali Nurhadi mengatakan, seperti di Banyuwangi ekonominya berputar karena kegiatan semacam ini, didukung oleh pemerintah daerah. Dan luar biasanya, anggaran yang digunakan tidak berasal dari APBD."Harusnya Pemkab Blitar bisa memfasilitasi bahkan gaungnya dimeriahkan lagi. Sebab ternyata dari seekor kambing saja, nilai rupiahnya tidak hanya dari dagingnya tapi juga susu dan nilai kontes," kata Nurhadi.

Selebihnya, Nurhadi lalu mengungkapkan bahwa baru 3 minggu yang lalu ada transaksi kambing milik Safiudin yang rumahnya di Centong Sanankulon dibeli 300 juta rupiah oleh artis cilik Baim."Saya sangat mendukung jika event ini menjadi agenda tahunan di Kabupaten Blitar supaya orang luar banyak yang masuk ke sini. Semakin banyak yang masuk ke Kabupaten Blitar maka ekonomi semakin bertumbuh," pungkas Nurhadi.

Sementara itu, pembina panitia kontes, Edi Jabes menyebut, meskipun event ini diikuti sekitar 600 peserta dari seluruh penjuru Nusantara bahkan Malaysia, namun pihaknya mengaku merugi sebab ada banyak komunitas/klub pecinta kambing etawa ras Kaligesing tidak bisa hadir."Mungkin dikesempatan yang akan datang kita akan datangkan peserta lebih banyak lagi. Kami mohon dukungan pemerintah daerah," kata Edi Jabes.

Ada sekitar 10 kelas yang dilombakan yaitu kelas A,B,C,D dan E masing-masing jantan dan betina. Selain hadiah trofi, panitia juga memberikan uang pembinaan kepada para pemenang.Sebagai informasi pada kesempatan itu juga, Nurhadi DPR RI dan panitia memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim-piatu di tengah acara kontes berlangsung.(*/San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini