Anggota DPR-RI Endro Hermono Buka Pelatihan Budidaya Ikan Koi Untuk Masyarakat

×

Anggota DPR-RI Endro Hermono Buka Pelatihan Budidaya Ikan Koi Untuk Masyarakat

Bagikan berita
Foto Anggota DPR-RI Endro Hermono Buka Pelatihan Budidaya Ikan Koi Untuk Masyarakat
Foto Anggota DPR-RI Endro Hermono Buka Pelatihan Budidaya Ikan Koi Untuk Masyarakat

KUPASONLINE .COM Komisi IV DPR-RI bekerjasama dengan Pemkab Blitar menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Koi bagi masyarakat kelautan dan perikanan di Kabupaten Blitar, pada Senin (13/2/23). Kegiatan ini dalam rangkaian kegiatan dukungan program prioritas KKP untuk mendukung perkembangan budidaya di masyarakat.Dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Anggota Komisi IV DPR RI, Ir. Endro Hermono, M.B.A tersebut juga menghadirkan narasumber dari Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar.

Pada pelatihan itu hadir berkisar 130 orang, mulai dari perwakilan Disnakkan, Penyuluh perikanan dan pembudidaya di Kabupaten Blitar.Diadakannya kegiatan pelatihan tersebut bertujuan mendesiminasikan teknologi budidaya ikan koi kepada masyarakat, agar teknologi nya dapat diadopsi oleh masyarakat serta diaplikasikan dalam kegiatan budidaya ikan koi, khususnya di Kabupaten Blitar ini.

Endro Hermono dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ada beberapa hal yang dapat diambil pada pelatihan ini, yakni dalam pembelajaran budidaya ikan koi selain pengusaan pengetahuan/teori, juga diperlukan praktek lapangan, tidak bisa instan."Seperti penyiapan lahan sebelum benih ditebar penting dilakukan untuk memenuhi ketersediaan pakan alami dalam upaya mendukung ketahanan tubuh dan pertumbuhan benih melalui aplikasi pupuk/probiotik dibanding penggunaan pakan sintetis," ungkapnya.

Selain itu lanjut Endro, faktor kepercayaan/nama besar menjadi salah satu modal dalam pemasaran produk ikan koi."Juga yang harus diperhatikan bahwa, kriteria ikan koi yg bagus untuk dilombakan, antara lain : bentuk tubuh, warna (pola/sebaran) dan kecerahan kulitnya," paparnya.

Pihaknya juga mengharapkan," dengan adanya pelatihan ini mampu menumbuhkan kwalitas koi yang lebih bagus dan bermutu," terang Anggota DPR-RI Komisi IV Endro Hermono.Sementara itu, Kabid perikanan budidaya kabupaten blitar, Agus Winardi ditempat yang sama mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi petani tujuannya untuk meningkatkan kwalitas koi yang lebih bagus.

"Karena di Blitar ini terkenal dengan koinya, dan secara otomatis akan menambah penghasilan, serta kedepannya Blitar akan bisa lebih maju lagi," pungkasnya.(*/San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini