Peringati 1 Abad NU serta Songsong Konfercab XVIII LP Ma'arif dan PCNU Kab Blitar Gelar Jalan Sehat

×

Peringati 1 Abad NU serta Songsong Konfercab XVIII LP Ma'arif dan PCNU Kab Blitar Gelar Jalan Sehat

Bagikan berita
Foto Peringati 1 Abad NU serta Songsong Konfercab XVIII LP Ma'arif dan PCNU Kab Blitar Gelar Jalan Sehat
Foto Peringati 1 Abad NU serta Songsong Konfercab XVIII LP Ma'arif dan PCNU Kab Blitar Gelar Jalan Sehat

KUPASONLINE.COM - Lembaga pendidikan (LP) Ma'arif dan PCNU Kabupaten Blitar, dalam rangka turut memperingati 1 abad Nahdlatul Ulama (NU), menyelenggarakan jalan sehat bertema 'Sowan Yai dan Ta'aruf' di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah Desa Jeblog, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Rabu (15/02/2023) pagi.Selepas acara Ketua Panitia Muhammad Luqman kepada awak media mengatakan, acara ini dalam rangka memperingati 1 abad NU, selain itu juga untuk menyongsong Konferensi Cabang XVIII NU Kabupaten Blitar.

"Acara juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi seluruh Guru Ma'arif di Kabupaten Blitar ke Rais Syuriah PCNU Kabupaten Blitar," ungkap Luqman.Lanjut Luqman, selain tadi kita mengadakan jalan sehat, juga bermaksud untuk menyowankan dan mengenalkan semua Guru Ma'arif di Kabupaten Blitar ini kepada Rais Syuriah PCNU Kabupaten Blitar.

"Pada acara ini tadi dihadiri sekitar 6 ribu orang yang terdiri dari Guru Ma'arif dan masyarakat. Antusiasme masyarakat membuat peserta yang hadir melebihi jumlah tiket, yang kami sediakan yakni, 5 ribu tiket. Banyak tokoh masyarakat yang hadir pada jalan acara ini, seperti berbagai tokoh masyarakat dan perwakilan beberapa partai politik (parpol)," tuturnya.Kita hanya menyiapkan sebanyak 5 ribu tiket, ucap Luqman, tapi alhamdulillah, peserta yang hadir sangat luar biasa, sekitar 6 ribu orang.

"Selain ada tokoh masyarakat, hadir juga beberapa kader kita di parpol. Tidak semua hadir, dan tadi yang hadir ada dari PPP, PDIP, PKB Provinsi, dan dari PAN," jelas Luqman.Lukman mengungkapkan, selama ini, LP Ma'arif bertugas untuk mempersiapkan dan mendidik kader-kader NU yang nantinya akan jadi masa depan bagi PCNU Kabupaten Blitar.

Dia pun berharap, dengan digelarnya acara ini, peserta dapat mengenal semua Masyaikh yang ada di Kabupaten Blitar, serta menjadikan Ma'arif sebagai satu-satunya lembaga yang mendidik kader-kader NU di Kabupaten Blitar."Kedepannya dengan adanya acara ini, kita dapat mengenal seluruh Masyaikh di Kabupaten Blitar. Selama ini kita belum pernah menyowankan para guru ke Masyaikh di Kabupaten Blitar, karena memang tidak semuanya tau. Selain itu, juga berharap Ma'arif ini jadi satu-satunya lembaga yang membina kader-kader NU di Kabupaten Blitar," pungkasnya.

Ditempat yang sama, berbicara terkait Konferensi Cabang XVIII NU Kabupaten Blitar, Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Blitar, KH. Moh. Ardani Ahmad menjelaskan terkait mekanisme pemilihan Rais Syuriah yang melalui Musyawarah Ahlul Halli Wal 'Aqdi, terdiri dari 5 orang Kiai besar yang terpilih dari seluruh perwakilan Ranting."Nanti 5 orang Kiai itu bermusyawarah siapa diantara mereka ataupun mengambil nama dari luar yang menjadi Rais Syuriah PCNU Kabupaten Blitar. Kalau belum sepakat maka dilakukan pilihan secara tertutup, karena kadang-kadang Kiai itu biasanya ada yang ndak mau, lek podo-podo gak mau ne, akhire yo dipileih sopo sing cocok gitu aja," ungkap KH. Moh. Ardani Ahmad.

Selanjutnya, beliau pun juga menjelaskan tentang mekanisme pemilihan Ketua PCNU, dimana dipilih oleh seluruh pemilik hak suara dalam dua putaran. Jika dalam putaran pertama terdapat lebih dari satu calon yang memiliki suara minimal sesuai tatib yang berlaku, maka calon-calon tersebut akan mengikuyi pilihan kembali pada putaran kedua. Namun, apa bila hanya ada satu calon, maka calon tersebut akan terpilih secara aklamasi.Ketika ditanyai tentang siapa nama-nama yang kemungkinan kuat akan muncul dalam pemilihan, KH. Moh. Ardani Ahmad mengungkapkan, jika terdapat tiga nama yang santer terdengar menjadi kandidat kuat. Tiga nama tersebut, antara lain KH. Masda'in Rifa'i Akhiyad, DR. H. M. Arif Faizin, dan KH. Arif Fuadi.

Kendati demikian, dia mengatakan jika kader NU Kabupaten di blitar memiliki banyak nama yang secara kualitas pun tak kalah."Untuk kandidat banyak di NU itu yang hebat-hebat, tapi kabar yang beredar akhir-akhir ini, ada tiga nama yang ada di permukaan. Diantaranya, KH Masdain Rifai sebagai incumbent, Mas Arif Faizin yang sekarang Wakil Ketua, dan Mas Arif Fuadi mantan Wabup Kabupaten Blitar," terangnya.

Diakhir, ulama kharismatik ini pun berharap jika proses berjalannya Konferensi Cabang XVIII NU Kabupaten Blitar berlangsung aman tanpa ada perpecahan dan siapapun yang terpilih nantinya."Kami berharap proses pemilihan nanti berjalan lancar, jangan sampai ada perpecahan. Harus tetap rukun, tetap guyub. Jangan karena berbeda pilihan, jadi terpecah belah antara satu dan lainnya, karena kita semua saudara," harap KH. Moh. Ardani Ahmad. (*/San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini