Pabrik Coklat Hangus Terbakar, Kerugian Sampai Rp.500 Juta

×

Pabrik Coklat Hangus Terbakar, Kerugian Sampai Rp.500 Juta

Bagikan berita
Kebakaran dikampung coklat
Kebakaran dikampung coklat

KUPASONLINE.COM - Pabrik coklat hangus terbakar. Lokasinya adalah di kawasan wisata Kampung Cokelat, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.Kebakaran kampung coklat ini terjadi dini hari, yang merupakab terbakar pada Rabu (26/4).

Api dengan cepat membesar karena di lokasi banyak ditumpuki kardus kardus pembungkus coklat.Pemilik kampung coklat, Kholid Mustofa mengungkapkan kerugian yang ditimbulkan akibat musibah kebakaran yang terjadi di tpat usahanya tersebut adalah sekitar Rp.500 juta.

Gedung terlihat rusak parah.Kepala Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Blitar Teddy Prasojo mengatakan, api pertama kali diketahui sekitar pukul 01.30 WIB.

Api diduga berasal dari alat pemanas cokelat.Para saksi yang bertugas jaga malam di sekitar lokasi dapat melihat jelas api berasal dari sekitar alat pemanas cokelat di ruang cooking class, ujar Teddy Rabu (26/4/2023).

Selain terdapat stok cokelat dalam jumlah besar, kata Teddy, ruangan di gedung produksi juga terdapat banyak kertas dan karton yang biasa digunakan untuk mengemas produk cokelat.Karenanya, lanjut Teddy, api menjadi cepat membesar.

Sejumlah saksi yang berada di lokasi, kata dia, tidak dapat segera melakukan tindakan pemadaman karena pintu gedung produksi dalam posisi terkunci.Para saksi pada dini hari itu harus menghubungi pemilik, Kholid Mustofa, agar dapat masuk ke gedung produksi, tuturnya.

Ketika akhirnya pintu dapat dibuka, ujarnya, api sudah membesar dan tidak mungkin dilakukan pemadaman secara mandiri.Begitu juga ketika tiga unit mobil Damkar tiba di lokasi, ujarnya, api sudah semakin bertambah besar hingga membakar bagian atap gedung.

Kami butuh waktu 3 jam untuk memadamkan api, ujarnya.Meski sudah mengalami kebakaran, menurut pemilik Kholid Mustofa bahwa tempat usahanya tersebut tetap bisa menerima kunjungan masyarakat.

Kita masih menerima kunjungan ke kampung coklat. Karena gedung lainnya masih aman.Jadi para pengunjung tetap bisa menikmati wisata di kampung coklat dengan aman," sebut Kholid. (san)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini