Bupati Blitar Kunjungi Desa Tegalsari Dalam Sambang Desa, Siap Bantu Perizinan UMKM, Gratis

×

Bupati Blitar Kunjungi Desa Tegalsari Dalam Sambang Desa, Siap Bantu Perizinan UMKM, Gratis

Bagikan berita
Bupati Blitar Rini Syarifah kunjungi Desa Tegalsari tinjau UMKM
Bupati Blitar Rini Syarifah kunjungi Desa Tegalsari tinjau UMKM

KUPASONLINE.COM Dalam rangka melihat langsung kondisi desa-desa di wilayah Kabupaten Blitar, Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah didampingi Asisten, dan Tim OVOP Kabupaten Blitar berkunjung di Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi.Acara yang bertajuk, Sambang Desa atau yang lebih dikenal dengan One Village One Product (OVOP), rombongan langsung berkunjung di Balai Desa Tegalasri. pada hari Rabu, 12 Juli 2023 siang.

Turut hadir pimpinan cabang perbankan Blitar dan BPJS Kesehatan Kabupaten Blitar, Asisten, OPD, Camat Wlingi, Kapolsek Wlingi, Koramil Wlingi, Kades se-Kecamatan Wlingi, BPD dan Perangkat Desa, dan Tokoh Mayarakat Desa Tegalasri serta KKN dari UB Malang.Menyambut kehadiran Bupati Blitar dan Rombongan Kepala Desa Tegalasri Retnoningsih menyampaikan, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah, yang telah hadir ke Desa Tegalasri ini.

Untuk di ketahui, desa kami ini banyak hasil pertanian dan UMKM yang sudah berjalan, dan tadi ibu Bupati Blitar juga sudah melihat hasil dari warga Desa Tegalasri."Dalam kesempatan ini, kami meminta pendampingan dari Dinas terkait agar wisata dan produk UMKM di Desa kami ini bisa dikenal sampai tingkat nasional.

Selain itu, kami juga berharap untuk pembangunan di bidang infrastruktur dan pertanian untuk mendapatkan bantuan yang lebih untuk desa kami ini.Adanya dana desa yang kami terima dirasa belum mencukupi , karena lusanya desa kami, dengan medan yang berbukit-bukit yang masuk jalan desa," kata Kades Tegalasri, Retnoningsih.

Lebih lanjut Kepala Desa Tegaasri mengatakan, potensi yang dimiliki Desa Tegalasri dari produk UMKM sangat banyak, diantaranya, Sale Pisang, Keripik Jamur, Keripik Tempe, Keripik Mbothe, Opak Gambir,"Ada juga Roti Berkah Bakery, Stik Jagung, Sari Kacang ljo, Stik Bawang, Roti, Ting Ting Kacang, Madu TS," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Blitar berpesan, barang dagangan atau produk yang dibuat untuk lebih menarik lagi, agar semakin banyak diminati masyarakat luas."Sehingga kedepannya potensi yang dimiliki bisa dikembangkan dengan cara study tiru atau pelatihan terkait branding, packing dan promosi ditempat wisata, yang kemudian bisa di promosikan untuk wisata Desa Tegalasri," pesan Bupati Blitar Rini Syarifah.

Bupati juga berharap, dengan kehadiran tim OVOP Kabupaten Blitar ini bisa memberikan solusi untuk para pelaku UMKM agar terus maju berkembang dan mandiri untuk mencapai kesejahteraan."Dan untuk UMKM yang belum memiliki izin produksi akan dibantu proses perizinannya secara gratis, melalui Dinas PMPTSP Kabupaten Blitar, terang Bupati perempuan pertama di Blitar ini.

Perlu diketahui, pada giat OVOP ini juga terdapat layanan pembayaran PBB, pengurusan BPJS Kesehatan, dan pelayanan uji tera gratis dari Dinas Perdagangan serta pemberian sembako kepada warga yang kurang mampu dan pelayanan cek kesehatan gratis.Di kesempatan itu, Bupati Blitar Hj.Rini Syarifah juga memberikan bantuan bansos sembako kepada warga miskin di Desa Tegalasri.(Adv/Kmf/San).

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini