Tingkatkan UMKM Masyarakat, Pemdes Sumberjati Gelar Bimtek Pengolahan Tahu Untuk Eks Pekerja Migran

×

Tingkatkan UMKM Masyarakat, Pemdes Sumberjati Gelar Bimtek Pengolahan Tahu Untuk Eks Pekerja Migran

Bagikan berita
Foto Tingkatkan UMKM Masyarakat, Pemdes Sumberjati Gelar Bimtek Pengolahan Tahu Untuk Eks Pekerja Migran
Foto Tingkatkan UMKM Masyarakat, Pemdes Sumberjati Gelar Bimtek Pengolahan Tahu Untuk Eks Pekerja Migran

KUPASONLINE.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberjati Kecamatan Kademangan menggelar pelatihan kepada warga masyarakat mantan tenaga migran. Kamis (23/11/23).Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kreativitas dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat eks migran Indonesia tersebut, diikuti oleh 50 orang dari tiga dusun yang ada di Desa Sumberjati.

Sebanyak 50 orang peserta, mendapatkan pelatihan pengolahan dan pembuatan tahu, yang disinyalir karena melimpahnya bahan baku dari olahan yang digemari masyarakat luas tersebut.Mengenai hal ini, Kepala Desa Sumberjati Jauhari S.Pd mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan tambahan pengetahuan tentang olahan tahu yang bisa di jadikan berbagai makanan yang menarik bagi masyarakat.

"Dengan Bimtek UMKM ini di harapkan mantan pekerja migran Indonesia yang didominasi oleh perempuan (PMI wanita) bisa mengembangkan usahanya selepas bekerja diluar negeri.Karena, selepas dari luar negeri mereka biasanya belum mempunyai usaha untuk di geluti dan menjadi inkam yang berkesinambungan bagi mereka dan keluarga.

Untuk itu, dengan adanya bimtek UMKM pelatihan pengolahan tahu ini, Pemdes Sumberjati berharap, penghasilan mereka tetap stabil walaupun sudah tidak bekerja di luar negeri lagi," ungkap Kades Sumberjati Jauhari.Jauhari juga menuturkan, kenapa mesti produk olahan dari tahu. Perlu diketahui di Desa Sumberjati Kecamatan Kademangan ini banyak berdiri pabrik-pabrik pembuatan tahu, sehingga sangat banyak dan mudah didapatkan barang tersebut untuk bisa diolah menjadi beraneka masakan yang menarik tentunya.

"Selain murah dan mudah di dapat, tahu tentunya juga mengandung gizi yang sangat banyak bagi kesehatan.Jadi, juga baik untuk perbaikan gizi dan mendukung program dari pemerintah untuk mengatasi ataupun mencegah stunting.

"Selain untuk peningkatan taraf hidup melalui usah bidang UMKM tentunya dengan bimtek ini, diharapkan masyarakat juga semakin gemar untuk makan tahu, namun tentunya dengan menjadi olahan yang menarik melalui ilmu dan pengetahuan yang diberikan oleh narasumber tadi.Dan dengan tambahan ilmu di bidang pengolahan tahu menjadi berbagai makanan menarik, para eks pekerja migran di Desa Sumberjati semoga menjadi pegiat UMKM di bidang kuliner yang akan mengangkat ekonomi masyarakat dan tidak terus bergantung menjadi pekerja migran lagi.

Karena telah bisa mencukupi kehidupannya, dan kedepan Desa Sumberjati bisa lebih dikenal masyarakat secara luas sebagai sentra pengolahan tahu," pungkas Kades Sumberjati Jauhari. (Nur/San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini