Pinjol Gampang Cair, DC Gampang Nyamperin: Bagaimana Menghadapinya?

×

Pinjol Gampang Cair, DC Gampang Nyamperin: Bagaimana Menghadapinya?

Bagikan berita
Ilustrasi Debt Collector Nyamperin dan membuat keributan di rumah nasabah. (Foto: Aripitstop)
Ilustrasi Debt Collector Nyamperin dan membuat keributan di rumah nasabah. (Foto: Aripitstop)

JATIMKUPASONLINE.COM - Hai teman-teman! Yuk, kita ngobrol soal debt collector (DC) lapangan dari pinjaman online (pinjol).

Pasti kalian udah sering dengar cerita tentang DC yang suka datang ke rumah buat nagih utang, kan? Nah, ini yang bikin banyak orang jadi resah.

Pinjol: Kemudahan dan Risikonya

Pinjol itu memang gampang dan cepat buat dapetin uang, terutama pas kita lagi butuh banget. Tapi, sebelum mutusin buat pakai pinjol, kita mesti mikir matang-matang dulu. Jangan sampai pas udah pinjam, terus di tengah jalan gak bisa bayar cicilan tiap bulan.

Pikiran buat gagal bayar (galbay) memang sering muncul. Tapi ingat, kalau sampai galbay, bakal ada DC lapangan yang datang nagih utang. DC ini adalah orang yang diutus perusahaan buat nagih utang kita.

Peraturan OJK Tentang Penagihan

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 35/POJK.05/2018, keberadaan DC lapangan itu legal, tapi ada aturannya.

Jadi, berapa hari setelah galbay DC bakal datang ke rumah? Biasanya kebijakan tiap perusahaan beda-beda, tapi umumnya kalau udah telat bayar lebih dari tujuh hari, DC bakal datang.

Sebelum datang ke rumah, biasanya DC bakal coba hubungi kita lewat telepon atau pesan dulu. Kalau gak ada respon, baru deh mereka datang.

Penagihan yang Aman dan Sesuai Aturan

Banyak cerita soal DC yang nagihnya agresif dan bikin takut. Tapi, sebenarnya kita gak perlu khawatir banget, karena OJK udah bikin aturan buat cegah perilaku nagih yang merugikan atau pakai kekerasan.

OJK bilang, DC gak boleh pakai ancaman atau tindakan yang mempermalukan konsumen. Nagihnya harus sopan dan gak boleh ganggu kenyamanan kita. DC juga cuma boleh nagih di alamat rumah kita dan di jam kerja yang udah ditentukan. DANA KAGET

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini