Polemik Perhutanan Sosial, Calon DPD-RI Jatim bersama KAPAK Jatim Teken Pakta Integritas dengan DPRD dan Pemprov

×

Polemik Perhutanan Sosial, Calon DPD-RI Jatim bersama KAPAK Jatim Teken Pakta Integritas dengan DPRD dan Pemprov

Bagikan berita
Calon anggota DPD RI Jatim Trijanto teken Pakta integritas bersama Kapak Jatim, DPRD dan Pemprov
Calon anggota DPD RI Jatim Trijanto teken Pakta integritas bersama Kapak Jatim, DPRD dan Pemprov

KUPASONLINE.COM - Koalisi Petani Anti Korupsi (KAPAK) Jatim bersama dengan Mohammad Trijanto akhirnya berhasil membuat pakta integritas yang di tandatangani oleh DPRD dan Pemprov Jatim, Senin 14 Agustus 2023 di gedung DPRD Jawa Timur.Pakta integritas tersebut terkait dengan Program Perhutanan Sosial dan Reforma Agraria.

Dalam tanda tangan pakta integritas tersebut, selain perwakilan dari masyarakat petani penggarap.Anggota DPRD Jawa Timur dan Pemprov Jawa Timur diwakili oleh anggota Komisi B DPRD Jatim Noer Soetjipto, Kepala Dinas Perkebunan Jatim Heru Suseno, Sekretaris Dinas Kehutanan Jatim Deden Suhendi, perwakilan ATR/BPN Kanwil Jatim, Dinas Pertanian serta perwakilan petani dari 19 Kabupaten Jawa Timur, menandatangani pakta integritas tersebut.

Polemik terkait dengan masalah perhutanan sosial sampai saat ini masih menjadi masalah.Hal ini karena belum adanya komunikasi yang baik antara pemerintah dan para petani penggarap.

Pengelolaan hutan rakyat juga masih memiliki kendala terkait dengan dugaan adanya oknum-oknum yang mempermainkan kawasan hutan produktif menjadi lahan tebu salah satunya.Calon anggota DPD-RI yang juga aktivis anti korupsi serta konsisten memperjuangkan para petani penggarap di sekitar hutan mengatakan bahwa seharusnya pemerintah sudah bisa untuk menangani permasalahan terkait dengan perhutanan sosial dan Reforma Agraria.

Terlebih lagi provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang mempunyai perhutanan sosial yang luas."Seharusnya Pemprov Jatim sudah bisa menangani permasalahan yang sudah sejak lama belum ada penyelesaian, antara masyarakat sekitar hutan dan pihak Perhutani sendiri." ujar Trijanto yang juga calon DPD RI Jatim yang anti korupsi dan pro petani ini.

Disisi lain, pakta integritas yang juga di tandatangani oleh DPRD Jawa Timur ini sebagai salah satu bukti, bahwa legislatif sebagai lembaga aspirasi masyarakat, bisa mendengarkan permasalahan tanah Perhutani tersebut, yang nantinya bisa di usulkan kepada pemerintah untuk segera diselesaikan."Saya rasa dalam hal ini para anggota dewan setidaknya bisa memberikan usulan dan masukan kepada pemerintah provinsi Jawa Timur, untuk segera memecahkan dan memberi solusi atas masalah para petani penggarap ini," kata Trijanto.

Dalam pakta integritas tersebut menekankan terhadap pelaksanaan reforma Agraria tanpa adanya KKN.Selain itu juga meminta agar tidak ada lagi oknum yang menghalangi program perhutanan sosial.

Sementara itu, Pemprov Jawa Timur yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kehutanan Jatim Deden Suhendi mengatakan, bahwa Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sangat mendukung dan memberi respon serta mengawal program reforma agraria agar cepat terlaksana. (San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini