Warga RT 03 dan RT 04 RW 02 Desa Kotes Gelar Selamatan Tolak Bala Peringatan Suroan

×

Warga RT 03 dan RT 04 RW 02 Desa Kotes Gelar Selamatan Tolak Bala Peringatan Suroan

Bagikan berita
Warga 03/04 RW 02 Desa Kotes gelar selamatan Suroan
Warga 03/04 RW 02 Desa Kotes gelar selamatan Suroan

KUPASONLINE.COM - Lestarikan kearifan lokal, masyarakat RT 03/04 RW 02 Desa Kotes gelar selamatan sekaligus peringatan bulan Suro, dimaksudkan untuk tolak bala, dari berbagai kesulitan dan bencana, Kamis 17 Agustus 2023 malam.Selamatan yang diikuti oleh warga dua RT tersebut berjalan dengan tertib dan kidmat, yang dipimpin oleh seorang tokoh masyarakat dan adat di lingkungan tersebut.

Salah seorang tokoh masyarakat menuturkan, acara selamatan seperti ini adalah adat dan tradisi yang turun temurun sejak dahulu, dilakukan masyarakat tumpang Kotes."Selain menciptakan kerukunan, dan memupuk rasa kegotong-royongan, hal ini juga bertujuan bermunajat (berdoa) kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar masyarakat dihindarkan dari segala marabahaya dalam kehidupannya," ungkapnya.

Selain itu, kekompakan dan kebersamaan dimasyarakat yang sudah terjalin dengan baik ini, juga bertujuan untuk melestarikan budaya yang Adi luhung di Nusantara ini."Ini bagian dari melestarikan budaya dan tradisi Jawa yang sekarang ini sudah hampir tergerus budaya asing, sekaligus untuk tetap menjaga kearifan lokal," pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kenduri selamatan tersebut, warga datang dengan membawa nasi Takir (Nasi dalam wadah daun pisang) yang diberi Janur (daun kelapa muda), yang diantar dan di doakan bersama-sama di perempatan lingkungan RT 03 dan RT 04 RW 02, selepas ba'da Magrib. (San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini