Dukung Program Ketahanan Pangan, Pemdes Ngrejo Bangun JUT Perlancar Akses Pertanian

×

Dukung Program Ketahanan Pangan, Pemdes Ngrejo Bangun JUT Perlancar Akses Pertanian

Bagikan berita
Foto Dukung Program Ketahanan Pangan, Pemdes Ngrejo Bangun JUT Perlancar Akses Pertanian
Foto Dukung Program Ketahanan Pangan, Pemdes Ngrejo Bangun JUT Perlancar Akses Pertanian

KUPASONLINE.COM - Mendukung penguatan dan pelaksanaan ketahanan pangan desa sesuai dengan Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 82 tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa dan UndangUndang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 227, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5360), 1 Sep 2022.Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Desa Ngrejo Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar mengalokasikan Dana Desa (DD) senilai Rp. 56.971.250

yang bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan sesuai pemerintah itu."Dengan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 190 m dengan lebar 2,5 m itu, Pemdes Ngrejo berharap agar sektor pertanian yang ada di desa ini, bisa semakin berkembang, dengan adanya akses infrastruktur jalan yang memadai," ungkap Kades Ngrejo Imam Suyadi.

Imam Suyadi lebih lanjut mengatakan, selain melakukan pembangunan JUT, Pemdes Desa Ngrejo juga membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) dan Gorong-gorong juga Drainase."Pembangunan ini bertujuan, untuk upaya tanggap darurat menjelang musim penghujan yang sebentar lagi akan datang," tuturnya.

Kades Ngrejo kembali menuturkan, seperti kita ketahui bersama bahwa desa-desa di pesisir, atau bahkan sebagian besar desa di wilayah Kabupaten Blitar, mayoritas masyarakatnya mengandalkan ekonominya dari sektor pertanian."Demikian pula dengan Desa Ngrejo yang juga mayoritas daerah agraris. Maka dari itu pendayagunaan pembangunan memang juga harus lebih berfokus pada sektor pertanian.

Akan tetapi, bukannya sektor lainya tidak disentuh lo. Dengan sektor pertanian yang lebih berdaya, harapan kami ekonomi masyarakat Desa Ngrejo juga bisa lebih bergeliat, dan kedepannya akan semakin berkembang," papar Imam Suyadi.Kades Imam Suyadi juga menambahkan, dengan program ketahan pangan desa yang baik, semoga masyarakat Desa Ngrejo bisa semakin mengembangkan kreativitas di sektor ekonomi utamanya.

"Karena dengan akses jalan pertanian yang mumpuni, benih pupuk dan hasil buminya bisa semakin mudah untuk di jangkau, dan masyarakat tidak akan merasa kesulitan lagi dalam hal keluar masuknya hasil pertaniannya.Tentunya, akses yang sudah teralokasikan ini, harus kita rawat bersama-sama, agar bisa awet dan tetap bisa di gunakan dengan baik, untuk seluruh masyarakat Ngrejo menuju kebaikan ekonomi di Desa Ngrejo," pungkas Kades Imam Suyadi.

Untuk diketahui, Pemdes Ngrejo, Kecamatan Bakung, selain membangun JUT untuk ketahan pangan desa, juga melakukan pembangunan TPT dilengkapi gorong 1 unit, di RT 002 RW 003 senilai Rp. 18.451.500, Drainase Plat di RT 004 RW 002 dengan nilai Rp. 61.108.750, TPT di RT 003 RW 004 senilai Rp. 32.982.500 danDrainase Plat beton lagi di RT 004 RW 002 dengan anggaran Rp. 34.074.000. (San/Nur)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini