Luar Biasa, Pemkab Blitar Gelar Blitar Cakrapalah Carnival, Bersama OPD, Disabilitas Dan Elemen Masyarakat

×

Luar Biasa, Pemkab Blitar Gelar Blitar Cakrapalah Carnival, Bersama OPD, Disabilitas Dan Elemen Masyarakat

Bagikan berita
Foto Luar Biasa, Pemkab Blitar Gelar Blitar Cakrapalah Carnival, Bersama OPD, Disabilitas Dan Elemen Masyarakat
Foto Luar Biasa, Pemkab Blitar Gelar Blitar Cakrapalah Carnival, Bersama OPD, Disabilitas Dan Elemen Masyarakat

BLITAR, KUPASONLINE (JATIM) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui inisiasi dari dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blitar menggelar Blitar Cakrapalah Carnival (BCC), dengan melibatkan para Difabel dan berbagai elemen masyarakat, mengambil start depan Taman Wlingi, Sabtu (29/10/22) siang.Gagasan yang sangat luar biasa tersebut, juga mendapat dukungan OPD dilingkup Pemkab Blitar dan Pemerintah Kecamatan. Selain itu juga mendapatkan perhatian dari berbagai elemen masyarakat dan insan pendidik Difabel dan SLB yang ada di wilayah Blitar.

[caption id="attachment_2648" align="alignnone" width="1040"] Difabel peserta BBC memberi penghormatan kepada Wabup Blitar Rahmat Santoso dan Sekda Izul Marom serta Forkopimda sebelum berangkat[/caption] 

Acara yang dibuka secara langsung oleh Wabup Blitar Rahmat Santoso tersebut, menampilkan sendra tari dan kolosal yang mengisahkan sejarah Nusantara ini, juga diwarnai dengan berbagai ragam kostum carnival yang sangat beragam dari para Difabel ini, sangat luar biasa dan bisa menarik perhatian ribuan penonton yang hadir.Disela acara Blitar Cakrapalah Carnival Wabup Blitar Rahmat Santoso kepada awak media mengatakan, event ini menurut saya adalah event skala nasional.

"Alkhamdulilah hari ini kita bisa menggelar event Blitar Cakrapalah Carnival (BBC) di Wlingi ini. Dan event ini bisa dikategorikan event nasional," ungkap Wabup Blitar Rahmat Santoso. 

[caption id="attachment_2649" align="alignnone" width="1024"] Peserta dari tuan rumah Kecamatan Wlingi dukung penuh acara BBC[/caption] 

Lebih Lanjut sosok Wabup yang akrab disapa Makde Rahmat ini juga mengatakan, hal ini diharapkan wisata dan semuanya bisa bangkit dan semakin meningkat. Terutama kita (Pemkab) sangat peduli dengan disabilitas."Pemkab akan terus mensuport acara ini, termasuk hari ini. Dan semoga ini bisa menjadi agenda tahun di Kabupaten Blitar, dan bisa menjadi agenda wisata tahun bagi masyarakat. Dalam hal ini kami juga sangat bangga dan mengapresiasi terlaksananya acara ini, karena dengan ini bisa memberdayakan semuanya, mulai UMKM utamanya disabilitas, yang kreasinya dalam acara ini sangat luar biasa," tuturnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Bambang Dwi Purwanto mengatakan, BCC ini inovasi dari Dinas Sosial juga dukungan seluruh pihak, terutama Ibu Bupati dan Bapak Wakil Bupati, juga Pak Sekda." Beliau-beliau sangat memotivasi kami untuk melaksanakan kegiatan, untuk kepedulian Disabilitas. Dalam hal ini program inklusif untuk kesetaraan, bahwa saudara-saudara kita yang mempunyai kebutuhan khusus ini punya potensi dan juga punya hak untuk kita asuh seperti masyarakat pada umumnya, dan satu hal mereka sangat luar biasa," papar Bambang.

Lajut Bambang, saudara-saudara kita yang punya kebutuhan khusus ini, Difabel khususnya potensi luar biasa dan banyak yang berhasil."Maka dari itu bisa kita tujukan kepada masyarakat, sehingga khususnya masyarakat Kabupaten Blitar itu tahu bahwa Difabel itu bukan untuk dibedakan, bahasa kami mereka tidak mau dikasihani. Mereka siap untuk bersama-sama masyarakat Kabupaten Blitar untuk maju bersama sejahtera bersama," pungkasnya.

Untuk diketahui peserta BBC hari ini ada 25 group, yang terdiri dari perangkat daerah, kelompok masyarakat, teman-teman Difabel, PASI, dan berbagai elemen masyarakat. (Adv/Kmf) 

 Pewarta-San

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini