Cegah Inflasi Daerah, Wali Kota Blitar Kampanyekan Tanam Ubi Jalar

×

Cegah Inflasi Daerah, Wali Kota Blitar Kampanyekan Tanam Ubi Jalar

Bagikan berita
Foto Cegah Inflasi Daerah, Wali Kota Blitar Kampanyekan Tanam Ubi Jalar
Foto Cegah Inflasi Daerah, Wali Kota Blitar Kampanyekan Tanam Ubi Jalar

BLITAR, KUPASONLINE (JATIM) - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menanam ubi jalar sebagai bentuk kampanye untuk mencegah inflasi daerah.Dalam kegiatan tersebut Wali Kota Blitar, Drs.H.Santoso MPd bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah secara simbolis menanam ubi jalar dengan warga di pekarangan Kelompok Tani Wanita (KWT) Jalan Sumba Karangtengah Kota Blitar, Senin (21/11 /2022).

Usai kegiatan tersebut Wali Kota Blitar mengatakan,ubi jalar ini adalah bentuk kejadian penentu inflasi daerah, makanya kita semarakkan untuk melakukan penyembunyian ubi jalar di seluruh KWT di Kota Blitar, ungkap Santoso.Selain di Kelompok Tani Wanita Jalan Sumba, kumpul ubi jalar ini juga telah dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, di 98 Kelompok Tani Wanita lainnya yang tersebar di 3 kecamatan.

Lebih lanjut Santoso mengatakan, langkah ini diharapkan mampu menopang kebutuhan pangan warga, serta dapat menjaga stabilitas harga komoditas umbi-umbian di pasaran.Oleh karena itu lah atas inisiatif kepala dinas pertanian dari 98 kwt diminta untuk membantu memberikan benihnya kepada masyarakat untuk ditanam di polibek,paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah mengungkapkan, menjenguk ubi jalar di seluruh kelompok tani wanita yang ada di 3 kecamatan ini merupakan langkah untuk mengatasi dan mengatasi inflasi.Rodiyah juga menambahkan, selama ini angka inflasi di Kota Blitar masih cukup terkendali namun harga sejumlah komoditas beberapa waktu terakhir terus mengalami kenaikan. Maka swasembada pangan diperlukan dari tingkat rumah tangga, hal itu dilakukan demi menjaga stabilitas harga, serta pemenuhan kebutuhan pangan.

Untuk kota Blitar inflasinya cukup terkendali tapi harga kan selalu naiknya kayak cabai gitu makanya kita juga ajak untuk menanam cabai agar mengontrol harga serta menciptakan ketahanan panganDalam kegiatan ini, Pemerintah Kota Blitar juga memberikan bibit ubi jalar. Sejumlah bantuan peralatan juga diberikan kepada beberapa kelompok tani yang tersebar di 3 kecamatan.

Dengan adanya gerakan menanam tanaman dan sayuran Pemkot Blitar mengharapkan, angka inflasi di kota Blitar dapat ditekan. Dan dengan upaya tersebut ketahanan pangan dapat tercapai untuk warga kota Blitar.(Adv/Kmf) 

Pewarta-San 

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini