Meriah, Karnaval Peringatan HUT RI Ke 78 Digelar Pemerintah Kelurahan Kanigoro Kompak Bersama Masyarakat

×

Meriah, Karnaval Peringatan HUT RI Ke 78 Digelar Pemerintah Kelurahan Kanigoro Kompak Bersama Masyarakat

Bagikan berita
Foto Meriah, Karnaval Peringatan HUT RI Ke 78 Digelar Pemerintah Kelurahan Kanigoro Kompak Bersama Masyarakat
Foto Meriah, Karnaval Peringatan HUT RI Ke 78 Digelar Pemerintah Kelurahan Kanigoro Kompak Bersama Masyarakat

KUPASONLINE.COM - Semangat dan antusias masyarakat yang membaur bersama Pemerintah Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, begitu luar biasa dalam memperingati HUT RI ke -78 dengan menggelar pawai budaya. Sabtu (24/9/23).Ratusan peserta pawai budaya dengan berpakaian adat budaya dan armada dihias bunga warna warni dan janur kuning, berjajar sepanjang jalan yang dipadati ribuan penonton yang riuh rendah ingin menyaksikan dengan tidak sabar.

Dengan ramah santun penuh wibawa Lurah Kanigoro Alfandi Yuswantoro, menyambut para peserta pawai yang sudah tiba ke finis, dengan senyum lurah Kanigoro menerima cendera mata dari peserta pawai.Disela kegiatan Lurah Kanigoro kepada awak media terkait kegiatan ini mengatakan, kegiatan karnaval ini mengusung tema pawai budaya untuk memeriahkan HUT RI ke -78 dan sebagai sarana untuk mempersatukan masyarakat.

Dengan harapan, warga Kelurahan Kanigoro sebagai warga ibukota kabupaten Blitar, hidup guyub rukun, aman dan tertib."Dalam tema yang diusung pada peringatan HUT RI ke 78 ini, mengusung kreativitas budaya, adat istiadat, lokal serta nusantara, dan sebagai upaya untuk tetap menjaga kearifan lokal, dan moral di masyarakat," ucap Lurah Kanigoro Alfandi.

Alfandi lebih lanjut menekankan, kita melakukan atau menuangkan beberapa aturan yang sifatnya untuk sound system peserta kita batasi maksimal 6 saf.Dan untuk tarian ataupun jogetan yang dipandang tidak sopan, kita larang. Kita mengutamakan pawai budaya yang mengedepankan kearifan lokal, sopan santun dan kreativitas pada peserta karnaval peringatan HUT RI ke 78 ini," ungkapnya.

Selain itu, Alfandi mengatakan, untuk jumlah kontingen dalam karnaval ini sebanyak 50, dan ada 30 sampai 50 peserta dalam setiap kontingennya."Mulai dari pawai ogoh-ogoh, tari-tarian nusantara, fashion show dan tidak tertinggal juga, diikuti oleh beberapa audio beserta tarian atau gerakan-gerakan seperti senam atau koreografi yang menghibur dengan tema merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Lurah yang dikenal ramah ini.

Dalam kesempatan itu Alfandi juga berpesan, untuk warga Kelurahan Kanigoro tentunya semuanya yang insya Allah bisa menyaksikan pawai budaya Kanigoro ikuti dengan tertib, utamakan kesopanan, jauhi unsur politik dan SARA."Mari gunakan pawai budaya ini sebagai sarana untuk mempersatukan masyarakat, kompak, guyub rukun semua warga kelurahan Kanigoro dan bisa menjadi contoh yang baik Kelurahan atau desa yang lain. Jayalah selalu Nusantara, selamat HUT ke 78 Indonesia tercinta," pungkasnya penuh haru. (San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini