Bersama DPMD Jatim, Anggota DPRD Provinsi Ahmad Tamim Gelar Bimtek Dorong Peran Aktif LKD Dalam Pembangunan Desa

×

Bersama DPMD Jatim, Anggota DPRD Provinsi Ahmad Tamim Gelar Bimtek Dorong Peran Aktif LKD Dalam Pembangunan Desa

Bagikan berita
Foto Bersama DPMD Jatim, Anggota DPRD Provinsi Ahmad Tamim Gelar Bimtek Dorong Peran Aktif LKD Dalam Pembangunan Desa
Foto Bersama DPMD Jatim, Anggota DPRD Provinsi Ahmad Tamim Gelar Bimtek Dorong Peran Aktif LKD Dalam Pembangunan Desa

KUPASONLINE.COM - DPRD Jatim bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jatim gencar menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas LKD, dalam upaya meningkatkan peran aktif Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).Kegiatan ini merupakan langkah konkrit untuk mendukung pengembangan desa dalam berbagai aspek, Kamis 23/11/2023 malam di Hotel Puri Perdana Kota Blitar.

Anggota DPRD Jatim Ahmad Tamim dari fraksi PKB yang aktif dalam pembangunan desa, memandang pentingnya peran LKD dalam mendukung kehidupan masyarakat Desa.Pria yang akrab disapa Gus Tamim ini, menjelaskan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pengurus LKD dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.

"LKD memiliki peran strategis dalam membangun kemandirian desa. Oleh karena itu, Bimtek ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif terkait peran dan tanggung jawab LKD dalam mendukung kemajuan desa," ungkap Gus Tamim.Ditempat yang sama, Kepala Dinas PMD Jatim, Tri Yuwono mengatakan, bahwa penguatan kapasitas LKD menjadi fokus utama dalam upaya percepatan pembangunan di tingkat desa.

"Dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota LKD, diharapkan mereka dapat lebih efektif dalam menjalankan program-program pembangunan desa," jelas Tri Yuwono.Tri Yuwono lebih lanjut mengatakan, Bimtek ini melibatkan para pengurus LKD dari berbagai Desa di Kabupaten Blitar.

Untuk materi dalam kegiatan ini mencakup aspek hukum, administrasi, keuangan, dan manajemen yang relevan dengan tugas LKD."Selain itu, para peserta juga diberikan wawasan mengenai perencanaan pembangunan Desa yang berkelanjutan," ujarnya.

Para peserta Bimtek rata-rata memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini.Mereka menyatakan, bahwa Bimtek memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran LKD dalam memajukan Desa yang mereka tinggal, Beberapa peserta bahkan mengemukakan harapan agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin guna terus meningkatkan kapasitas LKD," ujar Tri Yuwono.

Di kesempatan itu, DPRD Jatim dan Dinas PMD Jatim berharap bahwa melalui Bimtek ini, LKD dapat menjadi mitra yang lebih tangguh dalam mendukung pembangunan desa.Sehingga nantinya bisa tercipta desa-desa yang mandiri, maju, dan berdaya saing, seiring dengan semakin aktifnya keterlibatan para anggota LKD dalam mendukung pembangunan desa .(San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini