Buka Lomba Catur IKA Unisba 2024, Calon DPD RI Mohammad Trijanto : Membumikan Jatim Sebagai Barometer Catur Nasional

×

Buka Lomba Catur IKA Unisba 2024, Calon DPD RI Mohammad Trijanto : Membumikan Jatim Sebagai Barometer Catur Nasional

Bagikan berita
Foto Buka Lomba Catur IKA Unisba 2024, Calon DPD RI Mohammad Trijanto : Membumikan Jatim Sebagai Barometer Catur Nasional
Foto Buka Lomba Catur IKA Unisba 2024, Calon DPD RI Mohammad Trijanto : Membumikan Jatim Sebagai Barometer Catur Nasional

KUPASONLINE.COM - Ikatan Alumni (IKA) Universitas Islam Blitar, menggelar Turnamen catur tingkat Jawa Timur, di hall Unisba. Minggu (21/01/24).Lomba catur yang dilaksanakan pertama kali oleh IKA Unisba ini berlangsung sangat meriah dan di hadiri oleh ratusan orang dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Dengan memperlombakan mulai dari kelas tingkat SD, SMP, SMA sampai ke tingkat Umum.Ketua IKA Unisba Mohammad Trijanto bersama Rektor Unisba Subiantoro membuka acara lomba catur ini yang juga menggandeng Percasi Kota Blitar sebagai panitia Lomba.

Dalam sambutannya, Ketua IKA Unisba Mohammad Trijanto mengatakan bahwa event lomba catur ini dimaksudkan untuk mencari talenta para pemain catur muda yang diharapkan akan bisa membuat suatu lompatan sejarah dengan menjadi juara dunia.Selain itu membumikan catur di Jawa Timur dan berharap menjadi barometer nasional untuk olahraga catur.

"Saya berharap dengan adanya lomba catur ini, bagi generasi muda bisa menjadi salah satu cara untuk mencari bibit juara pecatur muda yang nantinya akan bisa membanggakan bangsa.Membumikan Jawa Timur sebagai barometer catur nasional." Ujar Trijanto dalam sambutannya.

Trijanto juga menambahkan dalam sambutannya bahwa Rektor Unisba Subiantoro akan memberikan gratis pendaftaran kepada pemenang yang masuk ke Unisba.Pendaftaran gratis ini bagi pemenang pertama sampai ketiga lomba catur.

Terakhir, Trijanto berpesan kepada seluruh peserta lomba catur agar menjaga sportivitas dalam pertandingan.Oleh karena, didalam lomba catur ini dibutuhkan kematangan dalam berpikir, untuk menyelesaikan masalah secara cepat, strategis dan tentunya bisa menjadi pemenang dalam pertandingan.

Trijanto berpesan dalam 2024 yang merupakan tahun politik, dimana seperti bermain catur maka masyarakat harus bisa melangkah dan memilih yang tepat agar tidak salah langkah.Dengan melihat rekam jejak pemimpin agar tidak salah memilih dalam pesta demokrasi.

Disisi lain, Rektor Unisba Subiantoro mengatakan bahwa event lomba catur IKA Unisba ini baru pertama kali diadakan.Dan jika banyak peserta peminatnya akan bisa di jadikan lomba catur IKA Unisba untuk perlombaan tahunan.

Tidak hanya itu, Rektor Subiantoro juga mengatakan bahwa event ini sangat positif salah satunya dampak ekonomi yang dihasilkan bagi masyarakat sekitar.Karena dalam event ini banyak masyarakat sekitar yang berjualan dan daya beli berasal dari para peserta catur atau rombongan yang mengantarkan.

Sekretaris percasi Blitar Sangit Pambudi mengungkapkan, ada sekitar 400 peserta yang mengikuti tournament ini. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur.Dari barat, ada Pacitan, Ngawi dan sekitar, sedang dari wilayah timur ada yang dari Probolinggo Jember dan sekitar, katanya.

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini