Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani, Anggia Erma Rini: Pengetahuan Teknologi Pertanian untuk Kemajuan Petani

×

Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani, Anggia Erma Rini: Pengetahuan Teknologi Pertanian untuk Kemajuan Petani

Bagikan berita
Anggota DPR-RI Anggia Erma Rini berikan pemaparan pada peserta Bimtek
Anggota DPR-RI Anggia Erma Rini berikan pemaparan pada peserta Bimtek

KUPASONLINE.COM - Bicara tentang kepedulian kepada petani Anggota DPR-RI Komisi IV Anggia Erma Rini tidak perlu diragukan lagi.Kepedulian tersebut diwujudkan dengan terus digencarkannya sosialisasi dan bimbingan teknis untuk peningkatan kapasitas petani dan pertanian di daerah pemilihannya (Dapil 6 Jatim).

Seperti Bimbingan teknis untuk peningkatan kapasitas petani dan penyuluh, dengan menggandeng Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Badan Penyuluh dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Pertanian, dan Dinas Pertanian Kabupaten Blitar. Senin 07 Agustus 2023 siang.Kehadiran sosok perempuan yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI dalam Bimtek yang di hadiri sekitar 100 orang kelompok tani dari Kecamatan Gandusari dan Talun ini, Anggia Erma Rini juga didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blitar Ir. Wawan Widianto, dan Dr.Ir Suhermanto MSi Kepala UPPM Polbangtan Malang.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blitar Wawan berharap, warga masyarakat Kabupaten Blitar yang mayoritas petani ini, terus bersemangat ditengah cuaca yang kurang bersahabat karena adanya El Nino ini, lebih jeli dalam memilih tanaman yang kuat dengan cuaca seperti sekarang ini."Kiranya inovasi dan kreativitas petani untuk pertanian yang lebih baik, dan tambah maju lagi.

Untuk itu, Dinas Pertanian Kabupaten Blitar siap untuk mendukung peningkatan dan kemajuan petani di Kabupaten Blitar," ujarnya.Ditempat yang sama, Kepala UPPM Polbangtan Malang Dr.Ir Suhermanto MSi mengatakan, dengan adanya Bimtek seperti ini sangat diperlukan untuk kemajuan pertanian.

"Dengan meningkatnya Kapasitas Petani kita, diharapkan manset dari para petani kita juga semakin berkembang, seiring perkembangan jaman yang begitu pesat ini.Karena kalau tidak mengikuti perkembangan jaman didunia pertanian, kita juga akan tertinggal, istilahnya hilang dari peredaran dengan kemajuan teknologi jaman yang semakin maju ini," ungkap Suhermanto.

Untuk itulah, kreativitas dan inovasi dalam pertanian sangat diperlukan, saya juga sependapat dengan pak Kadis Pertanian Kabupaten Blitar, bahwa pemanfaatan lahan sekitar rumah, untuk pertanian sangat baik."Hal itu juga bisa menjadi opsi tambahan penghasilan bagi ibu rumah tangga dari sektor pertanian, pemanfaatan lingkungan sekitar rumah," tutur Suhermanto.

Sementara itu, Anggota DPR-RI Komisi IV Anggia Erma Rini, Bimtek kali ini untuk menambah pengetahuan tentang teknologi pertanian."Seringkali teknologi tidak nyampai ke petani, karena memang petani kadang punya cara tersendiri untuk cara pertaniannya.

Jadi perlu ada transfer pengetahuan dan ilmu tentang teknologi, terutama dalam mengahadapi El Nino.Menurut estimasi kita akan mengahadapi El Nino, jadi cara mensiasati atau dengan strategi apa kita dalam mengahadapi kemarau yang di perkirakan akan lebih panjang dengan adanya dampak El Nino ini," terang Anggia.

Untuk itu kami sebagai wakil rakyat ucap Anggia, akan meminta kepada Kementerian Pertanian untuk memitigasi dampak El Nino."Karena mayoritas lahan pertanian kita masih tergantung dari curah hujan.

Semisal untuk pembuatan sumur pertanian itu nantinya menjadi sangat penting, dan pemberian sosialisasi tentang pemilihan tanaman apa yang ditanam di situasi cuaca alam yang seperti ini, juga menjadi hal yang sangat penting, dan lainya yang bersifat lebih kreatif menambah wawasan para petani.Anggia Erma Rini juga menambahkan, ini juga membantu menghapus paradigma di masyarakat, kalau bertani itu identik dengan kotor, hitam dan lusuh.

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini