Hadiri Pesta Rakyat Merah Putih, Wali Kota Blitar: Tumbuh Kembangkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme

×

Hadiri Pesta Rakyat Merah Putih, Wali Kota Blitar: Tumbuh Kembangkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme

Bagikan berita
Pada puncak rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar
Pada puncak rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar

KUPASONLINE.COM - Pada puncak rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menyelenggarakan Pesta Rakyat Merah Putih dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota Blitar. Jum'at 18 Agustus 2023 Malam.Wali Kota Blitar Drs. H Santoso, M.Pd didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Asisten, Staf ahli, terlihat hadir di acara Ketua DPRD Kota Blitar, Kapolres Blitar Kota, Dandim 0808/Blitar, Jajaran Forkopimda Kota Blitar, Kepala OPD di jajaran Pemkot Blitar, Camat dan Lurah se-Kota Blitar dan Tamu undangan.

Acara dibuka dengan pertunjukan seni Tari Rampok Macan, tarian yang memperlihatkan kekuatan rakyat yang dapat mengalahkan kekuasaan para penjajah dengan dilambangkan dalam bentuk macan atau harimau.Mengawali sambutanya, Wali Kota Blitar Drs. H Santoso, M.Pd mengatakan, Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 malam hari ini, tiba saatnya kita menyelenggarakan resepsi dan pesta rakyat merah putih.

"Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan selama memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan berjalan baik dan lancar", katanya."Inilah satu bentuk implementasi bagaimana kita menghargai para pejuang dan pahlawan yang selama 78 tahun lalu mempertahankan kemerdekaan NKRI dibawah penindasan para penjajah," ungkapnya.

Lanjut Santoso, kalau dulu para pahlawan harus berjuang mengorbankan tenaga, pikiran bahkan harus meneteskan darah dan kehilangan nyawa demi mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai."Tibalah saatnya kita sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, untuk bagaimana mewujudkan cita-cita para pejuang terdahulu agar pengorbanan semua pejuang dahulu bisa kita wujudkan," papar Wali Kota Blitar Santoso.

Sebagaimana disampaikan oleh Bung Karno, bahwa kemerdekaan itu adalah bukanlah akhir dari segalanya tetapi merupakan emas, diujung sanalah kita punya kewajiban mengisi kemerdekaan yang kita cintai ini."Karena salah satu cita-cita Bung Karno adalah bagaimana memakmurkan dan membebaskan rakyat dari penindasan," tutur Santoso.

Diterangkan Santoso, Kota Blitar didalam menapaki peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia banyak kemajuan yg telah diukir baik secara fisik dan non fisik, dan prestasi Kepala OPD baik tingkat regional dan nasional"Alhamdulillah, selama kurun waktu tahun 2023 tidak kurang sebanyak 43 penghargaan prestasi, Kepala OPD baik ditingkatkan regional maupun nasional, Ini juga merupakan bagian dari pengabdian kepada nusa dan bangsa", terangnya.

"Lebih-lebih salah satu program unggulan yang sudah dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Blitar, yang menjadi program unggulan pemerintah kota Blitar mulai tahun 2022 yaitu program RT Keren yang membuat Kota Blitar betul-betul menjadi Keren Unggul Makmur dan Martabat", sambungnya.Di akhir sambutanya, Wali Kota Blitar Santoso menyampaikan, secara pribadi dan atas nama Pemkot Blitar mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Blitar, yang turut berpartisipasi dalam mengisi peringatan HUT ke-78 RI di Kota Blitar.

"Semua rangkaian kegiatan selama peringatan HUT ke-78 RI, alhamdulilah terselenggara secara serempak dengan semangat dan penuh dedikasi serta loyalitas, dalam rangka menumbuh kembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme bangsa", pungkas Santoso.(Adv/Kmf/San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini