Sosok Pemimpin Peduli, Wabup Rahmat Mengupayakan Cari Dana Non APBD untuk Perbaikan Jalan Rusak

×

Sosok Pemimpin Peduli, Wabup Rahmat Mengupayakan Cari Dana Non APBD untuk Perbaikan Jalan Rusak

Bagikan berita
Kondisi jalan desa yang rusak dan Wabup Blitar Rahmat Santoso
Kondisi jalan desa yang rusak dan Wabup Blitar Rahmat Santoso

KUPASONLINE.COM - Cuitan dan aksi masyarakat tentang kondisi jalan desa rusak di Kabupaten Blitar, dan sering muncul di media sosial dengan begitu santer.Namun di sayangkan keluhan mereka yang rata-rata sama yakni, dana desa tidak mencukupi untuk biaya perbaikan.

Wabup Rahmad Santoso, berkaitan dengan masalah yang dialami masyarakat Kabupaten Blitar berjanji, segera berupaya mencarikan dana non-APBD.Dia mengakui, dana desa memang tidak cukup untuk perbaikan jalan di wilayah mereka.

Dan ketika desa tak mampu, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab moral pemimpin daerah untuk mencarikan solusi.Menurutnya, hal tersebut memang membutuhkan pemikiran kreatif untuk mendapatkan dana di luar APBD.

"Harus dipahami di APBD itu banyak ketentuan dan terbatas.Untuk itu, seyogyanya harus kreatif mencari solusi di luar itu.

Saya sudah komunikasi dengan beberapa pihak swasta untuk memberikan bantuan sosialnya. Apalagi di lokasi yang punya prestasi nasional," ungkap pria yang kini menjadi Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini, kepada awak media, Minggu 09 Juli 2023.Rahmat menilai Kabupaten Blitar sangat potensial mendatangkan investor.

"Baik dari segi pertanian, perikanan, peternakan dan pengembangan potensi daerah," ucap Wabup yang akrab disapa Makdhe Rahmat ini.Dalam waktu dekat, Rahmat bersama Sekretaris Komisi 4 DPRD Kabupaten Blitar yang juga kader PAN akan berkeliling melihat langsung kondisi jalan rusak.

"Saya akan mencoba melakukan pemetaan prioritas perbaikan jalan sesuai dengan peruntukkan.Dan tentunya juga, sembari menghitung untuk plafon anggaran perbaikannya," tutur politisi PAN ini.

Selain itu, Wabup Rahmat menegaskan, sebagai kepala daerah yang telah mendapatkan amanah rakyat, dia kiranya patut ikut bertanggung jawab atas keluhan kerusakan jalan ini, dengan berupaya memperbaikinya sebelum 2024 atau masa jabatannya berakhir."Ya ini bentuk tanggung jawab moral saya yang sudah dipilih oleh warga Kabupaten Blitar.

Saya secepatnya ajak Sekretaris Komisi 4 DPRD, Pak Medi Wibawa untuk keliling.Mana jalan yang prioritas diperbaiki, berapa anggaran yang dibutuhkan.

Karena sesuai slogan partai, PAN harus hadir Bantu Rakyat, pungkas Wakil Ketua DPW PAN Jatim tersebut.Seperti diketahui selama 2023 ini sejak Januari-Juni, telah banyak terjadi aksi protes warga terkait jalan rusak di Kabupaten Blitar. Terutama di wilayah Blitar selatan, seperti di Kecamatan Wates, Binangun, Bakung, Panggungrejo, Wonotirto, Sutojayan dan Kademangan.

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini