Ngaku Orang Blitar, Belum Kunjungi Kontes Tanaman Hias di RTH? Iiih Ketinggalan Jaman Bro

×

Ngaku Orang Blitar, Belum Kunjungi Kontes Tanaman Hias di RTH? Iiih Ketinggalan Jaman Bro

Bagikan berita
Dari kiri Panitia kontes Tanaman Hias, Sekda Izul Marom dan Wabup Blitar Rahmat Santoso selepas buka kontes
Dari kiri Panitia kontes Tanaman Hias, Sekda Izul Marom dan Wabup Blitar Rahmat Santoso selepas buka kontes

KUPASONLINE.COM - Masyarakat Blitar dan sekitarnya khususnya para pengemar tanaman hias di suguhi seminggu penuh dengan berbagai hiburan dengan menyaksikan pameran dan kontes tanaman hias jenis Anthurium, Aglonema, Aroid bebas serta bazar dari berbagai UMKM yang ada di Kabupaten Blitar.Plat AG punya gawe menjadi brand dari acara yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kanigoro, Kabupaten Blitar ini, tentunya wajib di kunjungi dalam liburan anak di bulan ini.

Acara yang di buka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso pada Sabtu 08 Juli 2023 yang lalu tersebut, juga dimaksudkan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat khususnya pegiat dan petani tanam hias di Blitar.Selain Wabup Rahmat, pada pembukaan acara tersebut juga hadir Sekda Kabupaten Blitar Izul Mahrom, Asisten II Krisna, Kepala Dinas Budpar Suhendro dan beberapa Perwakilan OPD di lingkup Pemkab Blitar.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso, kepada awak media mengatakan, kita hadir untuk membuka Kontes Tanaman Hias dan Bibit Buah unggulan dari Pemkab Blitar serta Bazar UMKM.Acara ini untuk merangsang pengemar tanaman Hias untuk berkembang, karena usaha-usaha jual tanaman hias sudah banyak yang berkurang.

Untuk itu dirinya sangat mendukung dengan diadakannya kegiatan ini, ungkap Wabup Rahmat Santoso.Lanjutnya, kegiatan ini juga sangat membantu untuk membangkitkan ekonomi, karena pesertanya bukan hanya dari Kabupaten Blitar tetapi dari luar Kota, untuk itu moment ini juga bisa digunakan sebagai ajang silaturahmi dan sharing knowledge bagi sesama pecinta tanaman hias, mengingat tanaman hias ini bukan sebagai salah satu sumber uang saja, namun juga sebagai hobi.

"Hal ini juga sangat bagus karena bisa mendorong para penggiat tanaman hias agar terus semangat untuk menampilkan keindahan dan karya lewat tanaman hias. Harapannya kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan kontinu, dengan menggandeng Dinas-Dinas seperti Dinas Koperasi dan Usaha Mikro sehingga antusias masyarakat semakin baik. Apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pegiat tanaman hias yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan ini, karena berkat saudara-saudara semua, RTH hari ini semarak, lebih indah dan sejuk," tutur pria yang saat ini juga menjabat Wakil Ketua DPD PAN Jatim ini.Untuk di ketahui, pameran tanaman hias dan bazar UMKM tersebut akan berlangsung tanggal 8-15 Juli 2023.

Sedangkan untuk kontes dan lelang tanaman hias sendiri akan berlangsung di tanggal 16 Juli 2023 yang pastinya penggemar tanaman unik dari berbagai daerah akan datang dan menyerbu Blitar dalam acara tersebut.Kontes tanaman hias sendiri akan digelar mulai jam 08.00 WIB sampai 12.00 WIB, dengan biaya pendaftaran untuk kontes hanya Rp. 50.000 saja, hal itu tergolong murah jika dinilai dari manfaatnya bila menjadi juara, yang tentunya harga tanaman pemenang akan membubung tinggi.

Perlunya penggemar perlu tahu jenis tanaman apa saja nanti yang di konteskan, yakni :Pertama adalah jenis Aglaonema. (Jouvenil, Tunggal, Majemuk.

Kedua adalah Anthurium, Jenmani (Varigata dan Varigata), Hokeri (Varigata dan Varigata), Mix: (Kuping Gajah, Gelombang Cinta, Sirih, Jari dan lain-lain), Varigata dan Non Varigata.- Dan untuk yang ketiga yakni jenis Aroid Bebas,(arigata dan Non Varigata)

Selain memperebutkan piala dan piagam pada Kontes kali ini juga pemenang utama akan mendapatkan uang pembinaan Juara Umum dan Best of Best.Hal tersebut disampaikan, panitia dan penggagas acara ini, Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono (Bagas), bahwa gelaran ini untuk memacu semangat para pelaku atau petani tanaman hias, khususnya Blitar raya.

Lebih lanjut Bagas mengatakan, ini salah satu cara kita bersilaturahmi tukar pendapat dan komunikasi, serta bersama-sama dalam meningkatkan inkam para petani tanaman hias khususnya hortikultura di Blitar raya dan sekitarnya untuk bisa bangkit kembali."Lantas bagaimana cara meramaikan kembali ke kancah Nasional bahkan internasional," terang pria yang akrab disapa Bagas ini.

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini