Padmamitra Award Tahun 2023 dan Forum Musyawarah Daerah Forum TJSL 2023 Digelar Bappedalitbang Kab Blitar

×

Padmamitra Award Tahun 2023 dan Forum Musyawarah Daerah Forum TJSL 2023 Digelar Bappedalitbang Kab Blitar

Bagikan berita
Foto Padmamitra Award Tahun 2023 dan Forum Musyawarah Daerah Forum TJSL 2023 Digelar Bappedalitbang Kab Blitar
Foto Padmamitra Award Tahun 2023 dan Forum Musyawarah Daerah Forum TJSL 2023 Digelar Bappedalitbang Kab Blitar

"Namun, mulai sekarang pengajuan oleh Perangkat Daerah akan dilakukan secara satu pintu dengan pengajuan proposal ditujukan kepada Bupati dan selanjutnya akan diverifikasi oleh Tim Fasilitasi TJSL yang dikoordinasikan melalui Bappedalitbang.Dengan perubahan mekanisme ini, kami berharap kegiatan CSR dapat lebih terarah, dan sinergis dengan program prioritas pembangunan Kabupaten Blitar," ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Blitar sangat mengapresiasi dan berterima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Badan Usaha yang telah banyak memberikan kontribusi melalui CSR-nya, terhadap pengembangan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan sosial dari komunitas setempat maupun masyarakat secara umum di Kabupaten Blitar."Mulai dari bantuan penyediaan sarana-prasarana infrastruktur, kontribusi di sektor kesehatan dan pendidikan, turut serta dalam konservasi di bidang lingkungan hidup, dukungan dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan, maupun berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat," imbuhnya.

Maka oleh karenanya, ucap Jumali, pada kesempatan yang baik ini, akan diagendakan Penganugerahan Padmamitra Award Tahun 2023.Padmamitra Award ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada dunia usaha yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial.

Pada tahun ini, Padmamitra Award diberikan kepada 19 (sembilan belas) badan usaha yang telah berkontribusi terhadap Pemerintah Kabupaten Blitar.Sesuai data laporan yang telah masuk, total kontribusi CSR Badan Usaha ke Kabupaten Blitar pada tahun 2022 tercatat sebesar Rp.8.286.490.777,00 (Delapan Milyar, Dua Ratus Delapan Puluh Enam Juta, Empat Ratus Sembilan Puluh Ribu, Tujuh Ratus Tujuh Puluh Tujuh Rupiah).

"Nilai ini merupakan angka yang cukup besar. Bahkan dari catatan laporan CSR tahun-tahun sebelumnya, pada kurun waktu tahun 2016 hingga 2021, rata-rata CSR yang dilaporkan oleh Badan Usaha ada pada kisaran 4 milyar rupiah.Dengan besarnya komitmen Badan Usaha terhadap pembangunan Kabupaten Blitar, maka diharapkan ke depan kita dapat terus berkolaborasi dan bersinergi untuk Kabupaten Blitar yang lebih maju dan sejahtera," kata Jumali.

Dalam upaya penguatan peran Forum CSR, pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Kabupaten Blitar Masa Bakti 2023-2026.Pengukuhan ini diharapkan, dapat memfasilitasi anggota forum dalam melaksanakan CSR dan mensinergikan program CSR dengan program pembangunan pemerintah daerah.

Forum CSR ini memiliki 7 (tujuh) kelompok kerja (pokja) yaitu Pokja Pendidikan, Kesehatan; Infrastruktur, Lingkungan Hidup, Kesejahteraan Sosial dan Keagamaan, Ekonomi, serta Pokja Olahraga, Seni Budaya, dan Pariwisata," sebutnya.Ia juga mengatakan, Forum inilah yang akan menyusun program CSR yang terencana, terpadu, harmonis dan efisien, mengkoordinasikan dan mensinergikan program CSR dengan program Pemerintah Daerah, serta melaporkan pelaksanaan CSR kepada Bupati.

"Dan dalam pertemuan ini kami mengundang perusahaan-perusahaan dengan wilayah operasional perusahaan di wilayah Blitar Raya, karena memang seluruh perusahan yang beroperasi di Kabupaten Blitar ini merupakan bagian dari Forum CSR.Pada kesempatan ini juga sekaligus, sebagai ajang silaturrahmi dan harmonisasi untuk lebih memperkuat Forum CSR Kabupaten Blitar. (San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini