Prabowo Siap Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Gaza, TNI Siap Bertindak!

×

Prabowo Siap Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Gaza, TNI Siap Bertindak!

Bagikan berita
Prabowo Siap Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Gaza, TNI Siap Bertindak!
Prabowo Siap Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Gaza, TNI Siap Bertindak!

JATIMKUPASONLINE.COM - Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto, baru-baru ini ngomong bahwa Indonesia bakal kirim pasukan penjaga perdamaian ke Gaza, Palestina. Beliau ngomong gitu di forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura.

Terus, TNI langsung nanggepin perkataan Prabowo. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar bilang kalo prajurit TNI udah siap banget buat operasi perdamaian di bawah bendera PBB, di mana aja dan kapan aja kalo udah dikasih perintah sama negara.

"Ya, TNI siap buat operasi perdamaian di bawah bendera PBB, kapan pun dan di mana pun kalo udah ada perintah dari negara," kata Nugraha kayak yang dilansir CNNIndonesia.

Menurut Nugraha, prajurit TNI selalu siap banget buat dengerin perintah negara. Lagian, TNI udah punya tanggung jawab itu dari dulu lewat UUD Tahun 1945. "Kalau udah dapet perintah, TNI langsung siapin pasukan perdamaian PBB," katanya.

Di forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura, Prabowo, yang sekarang jadi Menteri Pertahanan (Menhan) RI, kasih pidato spesial gitu.

"Bagi Indonesia, hal yang paling penting dalam urusan internasional adalah kejar perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan. Kami yakin, cuma lewat dialog dan kerja sama, kita bisa sampe ke sana," kata Prabowo, yang dikutip hari Minggu.

Beliau pikir, kolaborasi itu kuncinya buat bikin dunia jadi lebih baik. Makanya, dia pastiin Indonesia bakal ngajakin negara lain buat kerja sama dan ngobrol bareng buat capai kepentingan yang sama-sama diinginkan.

Bapak Prabowo juga bilang, pemerintah Indo bakal dorong semua orang buat patuhi hukum internasional, terutama yang tentang menghormati kebebasan dan wilayah negara kayak yang diatur di Piagam PBB.

Beliau juga ngasih perhatian khusus buat masalah di Gaza, Palestina. Beliau kesel banget liat tindakan Israel yang serang orang-orang yang lagi mengungsi di Rafah. Buat beliau, itu kejam banget, apalagi korban-nya banyak yang gak bersalah, termasuk anak-anak, perempuan, dan warga yang gak bawa senjata.

"Saya pengen banget sorotin kejadian tragis di Rafah yang bikin banyak orang mati sia-sia, termasuk anak-anak, perempuan, dan warga biasa. Kejadian yang menyedihkan ini harus diinvestigasi dengan serius buat hindarin kejadian kayak gini lagi ke depannya," kata Prabowo.

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini