Rahasia Mencicil Utang Pinjol Tanpa Diteror DC, Temukan Waktu Terbaiknya!

×

Rahasia Mencicil Utang Pinjol Tanpa Diteror DC, Temukan Waktu Terbaiknya!

Bagikan berita
Rahasia Mencicil Utang Pinjol Tanpa Diteror DC, Temukan Waktu Terbaiknya! (Foto: Disway Jateng)
Rahasia Mencicil Utang Pinjol Tanpa Diteror DC, Temukan Waktu Terbaiknya! (Foto: Disway Jateng)

JATIMKUPASONLINE.COM - Hai teman-teman! Kalian lagi pusing mikirin utang pinjaman online alias pinjol? Tenang, kamu nggak sendirian kok. Di artikel kali ini, aku bakal bahas tentang waktu yang tepat buat mencicil utang pinjol biar nggak diteror sama debt collector alias DC. Jadi, simak baik-baik ya!

Trik Mencicil Utang Pinjol

Pernah dengar nggak kalau ada trik khusus buat mencicil utang pinjol? Yup, ternyata semua pinjaman online itu bisa dicicil kalau kamu telat bayar 2 bulan atau bahkan 3 bulan.

Tapi, sering kali nasabah berharap setelah mencicil utangnya, DC nggak bakal datang lagi. Kenyataannya, masih aja ada DC yang datang. Kenapa? Karena kerja mereka tuh ibarat 'setan', alias nggak bisa diprediksi kapan bakal muncul.

Waktu yang Tepat untuk Mencicil

Jadi, kapan sih waktu yang tepat buat mulai mencicil? Ternyata, saat kamu gagal bayar lebih dari 90 hari adalah momen yang pas.

Kenapa begitu? Karena setelah 90 hari, pinjamanmu akan mencapai batas maksimal denda dan bunga. Menurut peraturan OJK yang tertuang dalam peta jalan Pengembangan dan Penguatan Layanan Pendanaan bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) dan Surat Edaran (SE) OJK 19/SEOJK.06/2023, bunga maksimalnya itu 100%.

Bayangin deh, kalau kamu minjem Rp1 juta, denda dan bunganya bisa jadi Rp2 juta, tapi nggak bisa lebih dari itu. Nah, setelah 90 hari, dendanya nggak akan nambah lagi. Saat itulah kamu boleh mulai mencicil karena biasanya bakal ada tawaran keringanan dari pihak pinjol lewat chat atau telepon.

Nego Setelah 90 Hari

Kamu juga bisa telepon customer service pinjol untuk minta keringanan. Biasanya, mereka bakal kasih keringanan buat bayar pokoknya aja. Tapi ingat, kalau kamu mencicil sebelum 90 hari, dendanya bakal terus bertambah sesuai dengan besaran cicilanmu.

Jadi, saran aku, lebih baik mencicil setelah 90 hari karena kamu bisa nego pembayaran utang pinjol. Apalagi kalau kamu memilih untuk memperpanjang tempo atau tenor. Tapi hati-hati ya, kalau ada tawaran buat memperpanjang tagihan supaya DC nggak datang ke rumah, sebaiknya nggak usah diterima. Karena kamu bakal rugi sendiri, pinjamanmu jadi makin panjang dan pelunasannya makin lama.

Siapkan Mental

Editor : Wanda Nurma Saputri
Bagikan

Berita Terkait
Terkini