Kirab Budaya Desa Kendalrejo Begitu Luar Biasa, dengan Ribuan Orang Tanpa Berkedip Menyaksikannya

×

Kirab Budaya Desa Kendalrejo Begitu Luar Biasa, dengan Ribuan Orang Tanpa Berkedip Menyaksikannya

Bagikan berita
Wabup Blitar Rahmat Santoso buka pa aibbudaya Desa Kendalrejo, Kec Talun
Wabup Blitar Rahmat Santoso buka pa aibbudaya Desa Kendalrejo, Kec Talun

"Dan Alhamdulillah kirab budaya ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar, dengan didukung semua elemen masyarakat, dari NU, Hindu, dan elemen masyarakat yang lain ditambah lagi disiang ini matahari tidak begitu terik, jadi cuaca cukup bersahabat," ujarnya.Kades Kendalrejo juga menambahkan, insyaallah ini nanti akan selesai jam 1 dini hari, karena dalam acara ini kirab budaya memang didahulukan dan nanti selepas sholat Magrib akan digelar kirab sound system, yang akan diikuti sekitar 24 kontingen.

"Dengan antusias warga masyarakat Kendalrejo yang begitu luar biasa dalam pawai ini, kami selaku pemerintah desa sangat mengucapakan terimakasih sebanyak-banyaknya.Karena apa? Karena kekompakan swadaya dan kegigihan masyarakat yang sudah bahu-membahu, sehingga gelaran kirab budaya ini semakin meriah.

Sekali lagi terimakasih kepada seluruh masyarakat Kendalrejo dan semua panitia termasuk para perangkat desa dan BPD juga Muspika Kecamatan Talun dan khususnya Bapak Wabup Rahmat Santoso yang telah bersedia hadir dalam kirab budaya ini," tandasnya.Kades Soepanan juga mengatakan, agenda kirab budaya seperti ini memang kita laksanakan dua tahun sekali, kalau tahun ganjil bersih desa akan dilaksanakan oleh desa dan ditahun genap di laksanakan di tiap dusun masing-masing yang ada di Desa Kendalrejo ini.

"Tapi yang utama dalam acara bersih Desa Kendalrejo pasti menggelar Wayang Kulit, dan bersih desa tahun 2023 ini kita juga akan menggelar Wayang Kulit di tanggal 15 nanti dengan dalang Ki Eko Tondo Kristianto Dar Tulungagung dengan hiburan lawak Cak Yudho Cs," jlentrehnya.Sementara itu Camat Talun R. Juliso juga mengatakan, dengan kesadaran masyarakat dalam memeriahkan bersih desa dan menyambut HUT RI ini menunjukan, bahwa masyarakat desa Kendalrejo antusias dan begitu luar biasa dalam melestarikan budaya leluhur.

"Dan ini suatu kegiatan yang sangat bagus dalam nguri-uri atau melestarikan budaya leluhur dan dalam menjaga kearifan lokal.Dan dengan jumlah masyarakat yang begitu besar, yang ikut dalam pawai ini, menunjukkan kesadaran masyarakat Kendalrejo dalam kegiatan pawai budaya ini begitu luar biasa, dengan penuh rasa kegotong-royongan dan kondusifitas membaur dalam pawai kirab budaya ini," pungkasnya. (San)

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini