Meriahkan HUT RI ke 77 KALBI Gelar Kontes Ayam Laga, Untuk Peningkatan Ekonomi UMKM Masyarakat

×

Meriahkan HUT RI ke 77 KALBI Gelar Kontes Ayam Laga, Untuk Peningkatan Ekonomi UMKM Masyarakat

Bagikan berita
Foto Meriahkan HUT RI ke 77 KALBI Gelar Kontes Ayam Laga, Untuk Peningkatan Ekonomi UMKM Masyarakat
Foto Meriahkan HUT RI ke 77 KALBI Gelar Kontes Ayam Laga, Untuk Peningkatan Ekonomi UMKM Masyarakat

 Blitar, Kupasonline (Jatim) - Memeriahkan HUT RI ke 77, Komunitas Ayam Laga Blitar Indonesia (KALBI) segera menggelar kontes ayam laga Perdana, bertempat di jln Masalembu RT 02 RW 03 kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.Minggu (28/8/2022).

Terkait hal ini, Ketua KALBI Kota Blitar Kadiono mengatakan, kami berniat menggelar kontes ayam laga ini, dalam upaya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, petani jagung dan UMKM khususnya untuk masyarakat sekitar. Dan harapannya bisa merangkul para penghobi ayam aduan untuk kearah yang lebih positif.Pada kontes perdana ini, sekaligus kita memperkenalkan kepada rekan-rekan sesama penghobi ayam, bahwa di Blitar ini ada komunitasnya yang bernama KALBI. Tujuan kontes ayam ini juga untuk mengangkat perekonomian melalui UMKM yang ada di Kota Blitar dan warga sekitar, meskipun belum bisa semuanya, Papar Kadiono, Kamis (5/8/2022) sore.

Pria yang akrab disapa Tonyok ini juga mengatakan, sedangkan untuk pendaftarannya, akan dibuka sebelum kontes di gelar, dengan tarif Rp1 hingga 2 juta Rupiah. Untuk hadiahnya akan diambilkan dari uang pendaftaran.Kami berharap kepada pemerintah kota Blitar dapat menfasilitasi dan mensupport kegiatan Kalbi ini untuk merebut piala walikota atau piala proklamator, ucap Tonyok.

Tonyok juga mengatakan, nantinya ayam yang ikut kontes itu, dalam laga nanti akan diukur keseimbangannya (sepadan), mulai dari bobot beratnya ayam. Dan akan dinilai oleh juri profesional di bidang ayam laga. Selain itu juga yang menentukan kalah dan menangnya nanti itu juga juri. Sedangkan untuk tiket harga masuk untuk 30 ribu rupiah untuk 1 orangnya.Harapan saya, lanjut Tonyok, Pemerintah Kota Blitar melalui dinas terkait bisa menyediakan karcis sebagai tiket masuk, sehingga nantinya ada pendapatan daerah,ujarnya.

Tonyok menambahkan, semoga kontes ayam nanti bisa berjalan lancar dan sukses, sehingga kedepannya bisa melebarkan dari tingkat Provinsi Jawa Timur ke tingkat Nasional.Dari kontes ayam laga yang perdana ini akan menjadi bahan evaluasi, bagaimana respon pemerintah daerah dan masyarakat,imbuh Tonyok.

Sementara itu ditempat terpisah, terkait kontes ayam yang akan digelar oleh KALBI tersebut, Anggota Komisi ll DPRD Kota Blitar dari Fraksi Partai Golkar M Hardita Maghdi, memaparkan, beberapa Minggu lalu Kalbi telah mengadakan hearing bersama Komisi ll DPRD Kota Blitar, maksud dan tujuannya menyelenggarakan event kontes ayam, menurutnya sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan perekonomian dan melestarikan tradisi nenek moyang.Selain itu, Komisi ll sudah berkomunikasi dengan pihak OPD terkait dan Kepolisian TNI,ujarnya.

Anggota DPRD Kota Blitar yang akrab disapa Dito itu juga menambahkan, terkait hal tersebut diharapkan, kontes itu bisa berkolaborasi untuk mempromosikan kalau kegiatan tersebut tidak ada judi. Komisi ll akan meninjau kontes ayam itu, sehingga kedepannya dapat mengemas lebih bagus.KALBI ini suatu wadah untuk merangkul para penghobi ayam aduan kearah yang lebih positif, dan pemerintah daerah sendiri diharapkan bisa bersama sama berkolaborasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,ujar Dito. (*)

 Pewarta-San

Editor : Dylan Ikhwan
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini